7 Tips Cara Belajar Efektif Dijamin Mantap!

Cara Belajar Efektif

Bagaimana cara belajar yang efektif dan belajar efisien. Kalian yang mampir ke sini pasti sedang mencari bagaimana sih agar aku bisa belajar dengan efektif dan efisien. Betul tidak? Eh tunggu dulu, efektif dan efisien? Apa itu efektif dan apa itu efisien? Apa perbedaannya? Aku kesini mau cari tips belajar, tapi kok malah timbul pertanyaan diotakku. 

Belajar efektif adalah suatu cara belajar untuk mencapai suatu tujuan dengan pemilihan cara yang benar dari beberapa alternatif, kemudian menginplementasikan pekerjaan dengan tepat dengan waktu yang cepat. Lalu apa itu belaajr efisien? Belajar efisien adalah suatu cara belajar untuk mencapai suatu tujuan dengan penggunaan sumber daya yang minimal namun hasilnya maksimal. Maka dapat disimpulkan, belajar efektif dan efisien adalah suatu cara belajar untuk mencapai suatu tujuan denagn pemilihan cara yang benar yang di implementasikan pada waktu yang tepat serta dengan menggunakan sumber daya yang minimal namun hasilnya maksimal.  Jadi sudah paham arti dari dua kata tadi? Kalau sudah, maka kita lanjut ke tujuan awal kita, yaitu tips belajar efektif dan efisien. 

1. Cari tempat yang nyaman dan bersih!

Tips cara belajar efektif yang pertama adalah, mencari tempat yang nyaman. Tempat yang nyaman akan mendukung kita untuk bisa belajar dengan nyaman pula, dan yang terpenting juga itu adalah tempat yang bersih. Kan tidak lucu saat kita sedang asik belajar tiba – tiba nyamuk mengganggu. Jadi yang pertama adalah carilah tempat yang nyaman dan bersih.

Baca Juga : Tips Belajar Daring Dimasa Pandhemi

2. Belajarlah Sedikit demi sedikit, tapi secara berkala.

Tips cara belajar efektif yang ke dua adalah belajar sedikit demi sedikit tapi secara berkala. Untuk kamu yang buka buku lima menit terus mengantuk, ayo usahakan setidaknya dalam setiap 2 jam sekali kamu bisa terapin trik ini, tapi jangan hanya lima menit saja, kalau bisa usahakan 30 menit ya. Tahan dulu kantuknya. 

3. Jauhkan HP!

Tips cara belajar yang efektif yang ketiga adalah jauhkan hpmu! Aku tau kok masalah kamu itu pasti gak jauh jauh dari HP. Kamu pasti golongan orang orang yang ketika belajar 5 menit lalu notifikasi masuk, eh malah keterusan main HP. Padahal udah berusaha “Oke, Cuma bales chat aja.” Tapi kok keterusan sampe twitteran, instagraman, youtube-an ya. Oke ini wajar, banyak juga kok yang mengalami ini. Cara agar kamu tidak terganggu itu mudah. Masukkan HP kamu ke Laci, atau taruh aja HP kamu ketempat yang agak jauhan. Jadi kamu pengen ambil aja udah males.

4. Pahami materinya, bukan dihafal!

Tips cara belajar efektif yang berikutnya adalah pehami materinya. Kesalahan beberapa orang adalah mereka cenderung menghafal dari pada memahami materi. Ketika kita menghafalkan materi, itu hanya akan menjadi memori jangka pendek saja, berbeda dengan memahami materi. Pemahaman terhadap materi bisa memudahkan kita dalam proses belajar, kenapa? Saat kita memahami materi, maka secara tidak langsung otak akan merekam mengenai apa yang kita pelajari. Otak dengan sendirinya akan menyusun kata – kata mengenai materi yang telah kita pahami tadi, meskipun tidak sama persis dengan apa yang ada dibacaan setidaknya kalian mengerti tentang apa sih yang kalian pelajari ini.

5. Buat rangkuman singkat tapi padat!

Lalu tips cara belajar efektif berikutnya adalah membuat rangkuman singkat tapi padat. Gimana nih maksutnya singkat tapi padat? Oke begini teman – teman, saat belajar disarankan untuk membuat rangkuman berupa point – point pentingnya saja, kata kuncinya saja, atau bisa dibuat seperti mindmap yang didalamnya mencangkum semua materi tapi secara singkat. Karena itu nanti bertujuan agar kalian saat melihat mindmap atau rangkuman kalian itu nanti kalian bisa mempraktekkan Tanya jawab dengan diri kalian sendiri, dengan begitu kalian bisa melatih daya ingat kalian juga.

6. Ciptakan suasana belajar yang Asik!

Tips cara belajar efektif berikutnya adalah menciptakan suasana belajar yang asik. Bagaimana cara menciptakan suasana belajar yang asik? Mudah sekali. Kalian bisa mengembangkan kreatifitas kalian, seperti contohnya kalian bisa menyanyikan materi. Karena kebanyakan orang akan mudah mengingat saat menghafalkan lirik lagu, maka kita bisa terapkan hal ini disaat kita belajar. Jadikan materimu itu lagu, kalau tidak kalian bisa buka youtube, disana kalian bisa mencari lagu mengenai materi blablabla. Diyoutube sudah banyak materi seperti itu. Tapi disarankan untuk membuat lagunya sendiri, kenapa? Karena saat kalian menerapkan cara ini secara tidak langsung kalian akan berfikir mengenai apa lirik yang tepat dan itu mempermudah otak dalam menghafal.

Baca Juga : 6 Cara Menciptakan Suasana Belajar yang Asik


7. Doa dan Niat!

Dan tips belajar efektif yang terakhirnya adalah doa dan niat.  Jangan lupa awali dan akhiri semua kegiatan kita dengan doa. Dan mengawali semua kegiatan dengan Niat! Kenapa? Karena saat kita tidak niat dalam melakukan sesuatu, maka kegiatan tersebut tidak akan berjalan dengan lancar. Begitupun dengan Doa, saat kita berdoa kepada Tuhan, kita meminta dimudahkan dalam belajar, maka Tuhan pasti akan memudahkan kita. Materi dengan mudahnya akan masuk kedalam otak kita. 


Oke teman teman itu tadi adalah Tips belajar efektif dan Efisien. Kalian sudah pahamkan? Setelah membaca artikel ini, diharap teman – teman bisa menerapkan dalam kehidupan khususnya dalam belajar kalian. Jadi selamat belajar teman – teman, jangan lupa untuk selalu semangat. Kejar cita – cita kalian banggakan diri kalian sendiri dan orang tua kalian! 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 7 Tips Cara Belajar Efektif Dijamin Mantap!"

Posting Komentar